Cara Root Semua Tipe Hp Android Tanpa PC


Sebelum saya membahas tentang Cara Root Semua Tipe Hp Android tanpa Menggunakan PC atau Komputer, ada baiknya sobat mengetahui pengertian, kelebihan, dan kekurangan dari root hp android ini. Root adalah suatu akun sistem yang memiliki kekuasaan mutlak guna mengakses dan mengeksekusi semua berkas, perintah, dan sistem dalam sistem operasi berbasis Linux (termasuk Android). Intinya, ‘root’ memiliki akses tanpa batas untuk mengubah, menghapus, menambah, bahkan merusak semua yang ada di dalamsistem Android.

Fungsi untuk melakukan root pada perangkat berbasis Android adalah untuk memberi hak penuh kepada pengguna Android untuk dapat masuk ke dalam sistem Android. Dengan melakukan root, pengguna dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file atau data-data yang terletak pada sistem Android, di mana dalam keadaan standar (belum root) berkas tersebut tidak dapat diakses. Fungsi root Android adalah memberikan hak administrator kepada pengguna seperti dalam sistem komputer Windows ataupun Linux.
Kelebihan perangkat Android yang telah di root :
  1. Akses tak terbatas dalam sistem operasi Android.
  2. Dapat menghapus aplikasi bawaan vendor yang tidak diinginkan sobat.
  3. Sobat dapat melakukan backup aplikasi dan sistem sehingga ketika ingin melakukan instal ulang atau reset pabrik, sobat tidak perlu mencari dan mendownloadnya lagi
  4. Dapat mengubah tampilan melalui instalasi custom ROM atau bahkan memutakhirkan ke versi yang lebih tinggi yang tidak dirilis oleh vendor.
  5. Dapat melakukan Overclock prosesor sehingga kinerja ponsel manjadi lebih cepat.
Kekurangan perangkat Android yang telah di root:
  1. Garansi hp hilang; semua vendor ponsel mengatakan bahwa perangkat Android yang telah di root akan hilang masa garansinya, karena dengan rooting, pengguna sudah memodifikasi berkas sistem pada sebuah perangkat Android sehingga vendor tidak mau bertanggungjawab apabila ada kerusakan perangkat Android yang telah di root.
  2. Rentan terhadap virus dan perangkat perusak.
Namun sobat tenang saja, karena kekurangan diatas dapat diatas dengan cara melakukan Unroot dan menginstal aplikasi Antivirus tanggus untuk dapat menutupi kekurangan dari root ini.
Aplikasi yang saya anjurkan untuk melakukan rooting adalah dengan menggunakan aplikasi Framaroot yang sudah saya lakukan test pada hp samsung galaxy ace, galaxy a5, dan galaxy tab 3.
Sebelum sobat melakukan rooting, saya beserta admin Ayres30 tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau hal-hal yang terjadi ketika sobat melakukan proses rooting.
Cara Root Hp Android Tanpa PC :
  1. Download aplikasi framaroot disini.
  2. Buka aplikasi framaroot yang sudah sobat download.
  3. Instal aplikasinya seperti biasa.
  4. Pilih instal SuperUser dan pilih Aragon/Gandalf (lihat gambar)
  5. Tunggu hingga proses selesai dan muncul notifikasi seperti gambar berikut
  6. Restart perangkat android sobat.
  7. Setelah restart, cari aplikasi SuperUser, jika aplikasi tersebut sudah ada berarti perangkat android sobat sudah berhasil di root.
Cara Unroot Hp Android Menggunakan Framaroot :
  1. Buka aplikasi framaroot.
  2. Lalu pada menu Select an action to execute after root, pilih unroot. kemudian pilih Aragon/Gandalf.
  3. Tunggu beberapa saat, kemudian pilih Reboot system, dan perangkat android sobat sudah kembali seperti semula.
  4. Atau sobat dapat melakukan unroot dengan membuka aplikasi SuperSU, pilih menu Setting, cari dan klik Full Unroot, klik Continue, jika proses unroot selesai, restart perangkat android sobat.
  5. Selesai.
Perangkat android yang support aplikasi framaroot dapat dilihat disini.

Comments 22

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    1. Tidak hanya framaroot gan, kinguser dan aplikasi sejenis banyak yang sudah support zenfone, kalau agan bingung, trik untuk root/unroot zenfone sudah banyak kok di google

log in

Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Back to
log in